cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan
ISSN : 24070963     EISSN : 24607177     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): April" : 11 Documents clear
FRONT MATTER (Cover, Foreword, Table of Content) Editorial Team
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.67 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.9625

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN RIAS WAJAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMK KECANTIKAN KULIT KELAS X Siska Miga Dewi; Mukminan Mukminan
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.782 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.5615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran rias wajah dalam meningkatkan pengetahuan siswa SMK kecantikan kulit kelas X yang layak digunakan dalam proses pembelajaran rias wajah, dan (2) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran rias wajah dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Model penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Proses validasi terhadap produk dilakukan dengan tahap uji alpha, uji beta dan uji coba produk. Hasil penelitian sebagai berikut. (a) Multimedia dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari media, materi, dan penilaian siswa. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari skor penilaian ahli media 4,2 kategori baik, skor ahli materi 4,9 kategori sangat baik, dan skor penilaian siswa 4,4 kategori sangat baik. (b) Multimedia pembelajaran rias wajah yang menggunakan Macromedia Flash dinilai efektif karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pre-test dengan rata-rata nilai 61,0 dan nilai post-test dengan rata-rata nilai 83,9. Persentase ketuntasan belajar siswa 100%. Kata kunci: multimedia, rias wajah, kecantikanDEVELOPING MULTIMEDIA IN MAKE-UP LEARNING FOR INCREASING THE KNOWLEDGE OF GRADE X STUDENTSOF VOCATIONAL SCHOOL 0F SKIN BEAUTY Abstract This research aims to: (1) product multimedia on make-up learning in increasing students’ knowledge vocational of skin beauty, and (2) know the effectivness of multimedia product on make-up learning in increasing students’ knowledge on learning process. It applied the research and development with 3 stages, i.e.: planning, design, and development. The process of validation of this product was carried out through 3 stages, i.e.: alpha testing, beta testing and product testing. The results of the study are as follows. (a) Multimedia learning developed is judged worthy tobe used as a learning in terms of media, materials, and students’ assessment. Feasibility can be seen from the expert assessment score of 4.2 in media with good category, a score of 4.9 with category expert material very good, and students’ assessment score of 4.4 with very good category. (b) Multimedia on makeup learning using Macromedia Flash is considered effective because it can increase students' knowledge. This is evidenced by the results of the pre-test with an average value of 61.0 and a post-test value with an average value of 83.9. The percentage of students’ learning mastery is 100%. Keywords: multimedia, make-up, beauty
BACK MATTER (Index, Author Biography, Author Guidelines) Editorial Team
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.754 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.9626

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MSD YOGYAKARTA Soraya Fatmawati; Ali Muhtadi
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.359 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran Program Studi (Prodi) DKV di ASRD MSD Yogyakarta dengan standar atau kriteria yang telah dirumuskan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan. Subjek atau responden adalah Ketua Program Studi, dosen dan mahasiswa Prodi DKV MSD Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menempuh 5 tahap, yaitu: penyusunan desain, penetapan kelengkapan program, pengumpulkan data, pengukuran tujuan atau analisis data, dan perbandingan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dianalisis menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Data kuesioner dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan skala 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada Prodi DKV MSD Yogyakarta belum sesuai dengan Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Hasil penilaian mahasiswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di Prodi DKV MSD berada pada kategori baik dengan nilai 3,20. Pembelajaran di Prodi DKV MSD Yogyakarta perlu dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Kata Kunci: pelaksanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaranTHE EVALUATION OF INSTRUCTIONAL IMPLEMENTATION OF VISUAL COMMUNICATION DESIGN STUDY PROGRAM IN MSD YOGYAKARTA Abstract This research aims to determine the suitability of the instructional implementation in Visual Communication Design (VCD) Study Program of MSD Yogyakarta Design and Art Academy with standard or criteria which have been formulated. This research was an evaluation research study that refers to the discrepancy evaluation model. The subjects consisted of the head of study program, lecturers and students of VCD study program MSD Yogyakarta. The research was conducted in five stages: design preparation, determination of the program’s completeness, data collection, purpose measurement or data analysis, and comparison. Data were collected through observation, interviews, and document searches, and were analyzed using an interactive analysis model proposed by Miles and Huberman. The questionnaire data were analyzed using descriptive statistical analysis in the scale 4. The result of the study shows that instructional implementation in Visual Communication Design Study Program of MSD Yogyakarta is not suitable to the Minister of Education and Culture Regulation No. 49, 2014. The result of student assessment indicates that the instructional implementation in VCD MSD Yogyakarta is categorized good with the value of 3.20. The instructional implementation in Visual Communication Design Study Program of MSD Yogyakarta needs to be adjusted with the National Standards for Higher Education the Minister of Education and Culture Regulation No. 49, 2014 for the instructional implementation can be presented. Keywords: instructional implementation, instructional planning
PELEMBAGAAN WEB-BASED LEARNING PADA JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Eveline Siregar
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.509 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana proses implementasi dan pelembagaan web-based learning berlangsung di Jurusan Kurikulum danTeknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Target khusus penelitian ini adalah mengembangkan suatu model pengadopsian suatu inovasi pembelajaran oleh suatu lembaga, dalam hal ini inovasi belajar berbasis jaringan. Tujuan dari suatu implementasi inovasi adalah menjamin penggunaan yang benar oleh individu dalam organisasi. Tujuan pelembagaan adalah mengintegrasikan inovasi tersebut ke dalam struktur dan kehidupan organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dimana peneliti menyelidiki suatu gejala dalam konteks yang sebenarnya. Seiring dengan itu digunakan juga “Model Keputusan Adopsi Inovasi dalam Organisasi” oleh Everett M. Rogers, dalam rangka memahami tahapan-tahapan proses implemantasi dan pelembagaan. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari pemrakarsa dan para pioner web-bali. Hasil dari penelitian ini berupa suatu Model Pelembagaan web-based learning indonesia (web-bali) yang meliputi tahap pencanangan agenda, tahap pencocokan, penstrukturan, klarifikasi dan rutinisasi. Kata kunci: inovasi, implementasi, pelembagaan, web-based learningINSTITUTIONALIZATION WEB-BASED LEARNING DEPARTMENT OF TECHNOLOGY EDUCATION CURRICULUM AND STATE UNIVERSITY FACULTY OF EDUCATION JAKARTA Abstract The general purpose of this research is to observe implementation and institutionalization of web-based learning in Curricullum and Educational Technology Program, Faculty of Education, State University of Jakarta. The specific purpose of this research is to model the adoption of an innovation by an institution where web-based learning is the innovation. Implementation of innovation ensures correctness of individual usage in an organization. While institutionalization integrates innovation to organization structure and activities. The chosen research method is case-study where researchers study of a phenomenon in rea-life context. This research also uses the "Model of Innovation Adoption Decision in Organization" (Everett M. Rogers) to understand steps of implementation and institutionalization. The sources of information for this research are founders and pioneers of Web-Bali. The product of this research is an Indonesian web-based learning institutionalization model (Web-Bali) which consists of agenda setting, matching, redefining/restructuring, clarifying and routinizing. Keywords: innovation, implementation, institutionalization, web-based learning
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP BRYOPHYTE Sri Wahyuni; Djukri Djukri
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.133 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi Bryophythe untuk peserta didik kelas X, (2) keefektifan media pembelajaran berbantuan komputer terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA Negeri I Girimulyo, dan 3) keefektifan media pembelajaran berbantuan komputer terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas X SMA Negeri I Girimulyo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RD). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) and disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, pendidik biologi, teman sejawat, peserta didik uji coba terbatas maupun peserta didik uji coba lapangan secara umum berkategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer yang telah dikembangkan layak digunakan, (2) media pembelajaran komputer ini efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, dan (3) media pembelajaran komputer ini efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran berbantuan komputer, kemandirian belajar, penguasaan konsepDEVELOPING COMPUTER-ASSISTED LEARNING MEDIA AND EFFECTIVENESS AUTONOMY LEARNING AND CONCEPT MASTERY BRYOPHYTE Abstract This study aims to find out: (1) the feasibility of the computer-assisted learning media for grade X students of senior high school, (2) the effectiveness of the computer-assisted learning media to autonomy learning of grade X students of SMA Negeri I Girimulyo, and 3) the effectiveness of the computer-assisted learning media to concept mastery of grade X students of SMA Negeri I Girimulyo. The type of this study was Research and Development (R D). The development was done by referring to 4-D model including define, design, develop and disseminate. The result of the study showed that: 1) the computer-based learning media was developed according to the material expert, media expert, biology teachers, colleagues, definite testing students and field testing students which generally in good category; it showed that the computer-based learning media product that had been developed is ready to use, (2) this computer-assisted learning media effective to improve autonomy learning of learners, and (3) this computer-assisted learning media effective to improve concept mastery of learners. Keywords: computer-assisted learning media, autonomy learning, concept mastery
PERSEPSI GURU TENTANG DIGITAL NATIVES, SUMBER BELAJAR DIGITAL DAN MOTIVASI MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR DIGITAL Ferdinandus Bate Dopo; Christina Ismaniati
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.642 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pengaruh persepsi guru tentang digital natives terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital (2) pengaruh persepsi guru tentang sumber belajar digital terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital dan (3) pengaruh persepsi guru tentang digital natives dan persepsi guru tentang sumber belajar digital secara bersama-sama terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Regina Pacis Bajawa, SMA Seminari Mataloko dan SMA Negeri 1 Golewa. Teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Angket yang digunakan untuk memperoleh data disusun menggunakan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan teknik statistik uji t dan uji F dengan taraf signifikaansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang digital natives terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang sumber belajar digital terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan, persepsi guru tentang digital natives dan persepsi guru tentang sumber belajar digital secara bersama-sama terhadap motivasi guru memanfaatkan sumber belajar digital. Kata kunci: persepsi, digital natives, sumber belajar digital, motivasiTEACHER’S PERCEPTION OF DIGITAL NATIVES, DIGITAL LEARNING RESOURCES AND MOTIVATION TO UTILIZE DIGITAL LEARNING RESOURCES Abstract This study aims to reveal (1) the influence of teacher's perception of digital natives toward teacher’s motivation to utilize digital learning resources. (2) the influence of teacher's perception of digital learning resources toward teacher’s motivation to utilize digital learning resources and (3) the influence both of teacher's perception of digital natives and digital learning resources toward teacher’s motivation to utilize digital learning resources. This study used the descriptive-correlational quantitative approach. The Population and sample were high school teachers of Regina Pacis Bajawa, SMA Seminari Mataloko and SMA Negeri 1 Golewa. Sampling technique in this research was proportional random sampling. A questionnaire was used to obtain the data. The data were analyzed using the Likert scale. The instrument was developed based on lattice theory of assessment instruments relevant to the study variables. The analysis technique used is a regression followed by statistic technique of t test and F test with the significance level of 0.05. The results are as follows. (1) There is a positive and significant influence of teacher's perception of digital natives toward teacher’s motivation to utilize digital learning resources. (2) There is a positive and significant influence of teacher's perception of digital learning resources and teacher’s motivation to utilize digital learning resources. (3) There is a positive and significant influence both of teacher's perception of digital learning resources and teacher’s motivation to utilize digital learning resources. Keywords: perception, digital natives, digital learning resources, motivation
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA AKUNTANSI BIAYA METODE HARGA POKOK PESANAN BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNY Sumarsih Sumarsih; Mukminan Mukminan
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.083 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia berupa CD pembelajaran Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan (AB-MHPP) yang layak bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi, UNY. Di samping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia AB-MHPP untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi, UNY, yang didahului dengan telaah ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan tiga kali, yaitu uji coba individu, uji coba kelompok kecil, dan uji kefektifan multimedia dengan membandingkan hasil kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif pada setiap tahap pengembangan, dan dilanjutkan analisis statistik uji-t untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Multimedia pembelajaran AB-MHPP dapat dinyatakan layak ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media; (2) Multimedia pembelajaran AB-MHPP efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi biaya metode harga pokok pesanan. Kata kunci: multimedia pembelajaran AB-MHPPDEVELOPING THE TEACHING MULTIMEDIA OF THE COST ACCOUNTING OF JOB ORDER COSTING METHOD FOR STUDENTS OF ACCOUNTING EDUCATION DEPARTMENT, YSU Abstract This research aims to produce the instructional multimedia of the CAJOCM appropriate for students of Accounting Education Department, YSU. This study also aimed to determine the feasibility and effectiveness of multimedia CAJOCM to improve learning outcomes. This research include the research and development. The subjects of the products try out were students of Accounting Education Department, YSU, which was preceded by media and material expert’s validation. The try out was carried out three times, namely the individual trials, testing a small group, and test a large group. The analysis used was descriptive analysis at each stage of development, and continued by inferential analysis to determine the effectiveness of the media that was developed. The results show that (1) The CAJOCM instructional multimedia is feasible in terms of aspects of learning, materials, and media; (2) The CAJOCM teaching multimedia is an effective way to improve learning outcomes of CAJOCM. Keywords: instructional multimedia, CAJOCM
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS RECOUNT DI MTsN II YOGYAKARTA Muhammad Ahmad Jumasa; Herman Dwi Surjono
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.725 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount, (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount, dan (3) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount untuk siswa kelas VIII MTsN II Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RD) yang diadaptasi dari model Alessi and Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, lembar angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keefektifan produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) produk yang dihasilkan adalah multimedia berbentuk CD pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount yang terdiri dari petunjuk, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD), uraian materi, rangkuman, kuis, dan evaluasi; (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pelengkap pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount; (3) peningkatan skor rata-rata seluruh siswa dari hasil pretest dan posttest sebesar 0,90 (N-gain ≥ 0.7). Hal ini berarti keefektifan produk yang dikembangkan termasuk kategori tinggi. Kata kunci: pengembangan multimedia, pembelajaran bahasa inggris, teks recount, madrasah tsanawiyah, MTsN II Yogyakarta DEVELOPING ENGLISH TEACHING MULTIMEDIA FOR TEACHING RECOUNT TEXTS IN MTsN II YOGYAKARTA Abstract This research aims to: (1) produce English teaching multimedia product for teaching recount texts, (2) find out the appropriateness of English teaching multimedia product for teaching recount texts, and (3) discover the effectiveness of English teaching multimedia product for teaching recount texts for class VIII students of MTsN II Yogyakarta. This research is a research and development adapted from Alessi and Trollip model. The model comprised three steps: (1) planning, (2) design, and (3) development. The data were collected through observation, interview, questionnaire, and test. The obtained data were analyzed quantitative descriptively. The product effectiveness was analyzed using the N-gain formula (normalized learning outcomes). The research results are as follows. (1) The developed product is English teaching multimedia in CD for teaching recount texts consisting of guidance, competency standards and basic competencies, material description, summary, quiz, and evaluation. (2) The developed product is appropriate to use as a complementary English teaching media for teaching recount texts; (3) The gaining of the mean score of all students from the result of the pretest and posttest is 0.90 (N-gain ≥ 0.7). This means that the effectiveness of the developed product is in a high category. Keywords: multimedia development, English teaching, recount texts, madrasah tsanawiyah, MTsN II Yogyakarta
UPAYA MENINGKATKAN PEROLEHAN KOSAKATA DALAM PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN VSS PADA SISWA SMP Windarti Windarti; C. Asri Budiningsih
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 3, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.378 KB) | DOI: 10.21831/tp.v3i1.8284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perolehan kosakata dalam pemahaman membaca bahasa Inggris menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kalasan tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi VSS dapat digunakan untuk meningkatkan perolehan kosakata dalam pemahaman membaca bahasa Inggris. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang lulus standar KKM pada siklus I dan II. Nilai rata-rata tes pada siklus I adalah 77,2. Nilai rata-rata tes pada siklus II adalah 82,4. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi VSS dapat meningkatkan perolehan kosakata bahasa Inggris dalam pemahaman membaca siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalasan. Kata kunci: VSS, perolehan kosakata, pemahaman membaca bahasa Inggris. THE EFFORT TO IMPROVE VOCABULARY ACQUISITION IN ENGLISH READING COMPREHENSION USING VSS ON THE STUDENTS OF SMP Abstract This study aims to improve vocabulary acquisition in English reading comprehension using Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) on the seventh grade students of SMP Negeri 3 Kalasan. This was an action reserch study consisting of two cycles. Each cycle consisted of four steps, namely planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were 32 seventh grade students of SMP 3 Kalasan in the academic year of 2013/2014. The data were collected through observation, tests, and interviews and analyzed by means of quantitative and qualitative descriptive techniques.The result shows that VSS could be used to improve vocabulary acquisition in English reading comprehension. The increase of students` learning achievement was shown through the increasing number of students who passed the KKM in cycle I and II. The avarage test score in cycle I was 77.2. The average test scores in cycle II was 82.4. The conclusion of this research is that the implementation of VSS could improve the vocabulary acquisition in English reading comprehension on the seventh grade students of SMP Negeri 3 Kalasan. Keywords: VSS, vocabulary acquisition, English reading comprehension

Page 1 of 2 | Total Record : 11